Tuesday, July 5, 2011

KH. Zainuddin MZ Tutup Usia

Kabar duka itu datang begitu tiba-tiba menjelang siang ini. KH Zainuddin MZ meninggal dunia karena sakit. Kabarnya berpulangnya dai sejuta umat itu ke Rahmatullah itu mengagetkan rekan-rekannya.
http://images.detik.com/content/2011/07/05/10/zaenudinluar.jpg
"Saya kaget sekali," ucap rekan Zainuddin di Partai Bintang Reformasi (PBR), Zainal Maarif kepada detikcom, Selasa (5/7/2011).

Pria bernama lengkap Haji Zainuddin Muhammad Zein meninggal pada Selasa ini di RS Pusat Pertamina Jakarta karena sakit. Jenazah akan dibawa ke rumah duka di Jl Gandaria Gg Haji Aom No 101, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Zainuddin lahir di Jakarta 2 Maret 1951. Selain aktif di bidang keagamaan, dia juga terjun ke dunia politik. Alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini pernah aktif di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Merasa tidak cocok dengan PPP, Zainuddin MZ pun mendirikan PPP Reformasi bersama Zainal Maarif. Zainuddin pun menjadi ketua umumnya. Setelah itu, PPP Reformasi berubah menjadi PBR dan Zainuddin pun menjadi ketua umumnya untuk pertama kali.

Ketika friksi terjadi di PBR, Zainuddin kembali ke PPP atas tawaran Ketum PPP Suryadharma Ali. Dalam wawancara dengan Jawa Pos, Zainuddin pernah berucap dirinya masuk ke PPP karena penasaran. "Karena saya penasaran mengapa partai berbasis Islam tidak memenangkan pemilu," ucap dia.

Bersama dengan Rhoma Irama, Zainuddin keliling daerah untuk mengakampanyekan PPP. Karena kerja keras Zainuddin juga, PPP meraih banyak dukungan masyarakat.

Sebagai dai, Zainuddin juga terkenal dengan kekhasan gaya ceramahnya yang sering menyebut kata 'betul'. "Betul apa betul," begitu biasanya Zainuddin berkomunikasi dengan jamaah kala berdakwah.

Selain sebagai dai dan politisi, Zainuddin juga dekat dengan kalangan selebriti. Bahkan, Zainuddin juga sering diterpa gosip miring terkait hubungannya dengan selebriti.

Terakhir, Zainuddin digugat oleh penyanyi dangdut, Aida Saskia. Aida mengklaim sempat menjalin hubungan asmara dengan Zainuddin. Aida bahkan menyebut telah diperkosa Zainuddin pada sembilan tahun silam. Kasus ini masih belum berakhir, meski sempat direncanakan untuk damai. Islah pernah dijadwalkan digelar di sebuah hotel, namun Zainuddin batal muncul.

Zainuddin meninggalkan 4 anak yakni Fikri Haikal MZ, Lutfi MZ, Kiki MZ, dan Zaki MZ. Dia juga meninggalkan istri bernama Kholilah.

Selamat jalan Pak Kiai!


Sumber : http://1.bp.blogspot.com/-lXcTrLePMMg/TfweukSs3QI/AAAAAAAAFkI/_AtGTczzbqQ/s1600/detik_haxims.jpg

No comments:

Post a Comment