Sunday, September 4, 2011

Manfaat Jamur Tiram Putih

Jamur tiram putih adalah jamur yang hidup pada kayu lapuk, serbuk gergaji, limbag jerami, limbah kapas. Dinamakanjamur tiram karena mempunyai flavour dan tekstur yang mirip tiram warna putih

Jamur ini sangat populer saat ini, Teksturnya lembut, dan penampilannya menarik. Cita rasanya relatif netral, sehingga mudah untuk dipadukan pada berbagai masakan. Budidayanya juga mudah dan murah hingga sangat potensial dikomersialkan.

Jamur tiram selain dapat di sayur, bisa juga di buat krupuk, sate, dan makanan pengganti daging untuk vegetarian. Jamur mempunyai proteind dan serat yang tinggi pula tak kalah dengan daging. Jamur juga mengandung sumber vitamin antara lain thiamin, niacin, biotin, asam askorbat.

Vitamin A dan D jarang ditemukan di jamur, namun dalam jamur tiram putih terdapat esgosterol yang merupakan prekursor vit D. Jamur kaya akan mineral lain yang dikandungnya antara lain phospor, kalsium dan zat besi. Jamur juga mengandung focic acid yang cukup tinggi, konon dapat menyembuhkan anemia. Posisi jamur sebagai makanan sehat dapat mengalahkan tempe. Bahkan daging ayam. Jadi jangan salah kalau jamur mempunyai kandungan gizi yang komplet juga dapat dikatakan makanan masa depan.

No comments:

Post a Comment