IGNITION COIL |
Sebuah coil pengapian (juga disebut spark coil ) adalah sebuah kumparan induksi dalam sebuah mobil 's sistem pengapian yang mengubah dari baterai 12volt (6 volt di beberapa kendaraan yang lebih tua) kepada ribuan volt (2-30 volt atau lebih) yang diperlukan untuk menyulut busi . Beberapa kumparan memiliki resistor internal untuk mengurangi tegangan dan beberapa mengandalkan kawat resistor atau resistor eksternal untuk mengurangi tegangan dari 12 mobil kabel volt mengalir ke koil. Kabel yang berjalan dari kumparan pengapian ke distributor dan kabel yang pergi dari distributor untuk masing-masing busi disebut kabel busi atau tegangan tinggi memimpin .
Bentuk spesifik dari autotransformer , bersama dengan pemutus kontak dan sebuah kapasitor (masih disebut dalam bahasa mobil dengan nama yang lama dari "kondensor"), mengubah tegangan rendah dari baterai ke dalam tegangan tinggi yang diperlukan oleh busi dalam pembakaran internal mesin . ( wikipedia )
TANDA TANDA IGNITION COIL RUSAK :
- Kalau diraba Coil panas menyengat
- Starter sulit pada saat mesin dalam keadaan panas
- Mesin brebet/ tidak stabil
- Starter panjang tapi mesin tidak mau hidup
- Kalau coil yang sudah parah, dalam keadaan mobil jalan tiba-tiba mati dan tidak mau hidup lagi.
Coil tandar mobil mazda/ford : Hanshin
mobil Timor : Poongsung
Hyundai Kia : Kw2 : Hyunil dan Shunhua
Mudah-mudahan berguna...
No comments:
Post a Comment