SMK TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF | |||||||
LISTRIK OTOMOTIF | TINGKAT … | PEMELIHARAAN BATERAI | Waktu 4 x 45 MENIT | ||||
A. TUJUAN : Setelah selesai melakukan paktek siswa diharapkan dapat :
B. KESELAMATAN KERJA :
C. ALAT DAN BAHAN KERJA
D. DASAR TEORI Accu terdiri dari suatu bak ebonite atau plastic. Bak ini dibagi menjadi beberapa kamar (cell). Setiap sell mempunyaitegangan 12 Volt. Maka accu 6 V, terdiri dari 3 cell, sedangakan accu 12 V, terdiri dari 6 cell Accu mempunyai 2 buah kutub yaitu: a. Kutub Positiva yang diberitanda + = P = warna merah b. Kutub Negative yang diberi tanda – = N = warna tak tentu, misalnya kuning atau hijau Setiap cell accu berisi : a. Plat-plat Positive, warna coklat, dibuat dari timah hitam peroxyd (PbO2). b. Plat-plat Negative , warna abu-abu muda, dibuat dari timah hitam murni (Pb). c. Antara plat-plat positive dan negative diberi sekat dari fiber atau glass woll. d. Zat cair yaitu: Accu zuur (H2SO4) = asam belerang encer gunanya untuk zat perantara aliran listrikdari palt-plat positive dan plat-plat negative. Kecuali itu juga sebagai pemroses terjadinya penyimpangan dan pengeluaran arus listrik. E. LANGKAH KERJA
a. Buka tutup sel baterai. Bila terdapat uap gas pada sel baterai, biarkan uap keluar hingga sel bateraibebas dari gas sebelum dilakukan pemeriksaan b. Sipkan ujung hidrometer pada lubang salah satu baterai. Pijat karet penghisap dan bebaskan secara perlahan hingga elektrolit masuk pada hidrometer. Pegang hidrometer secara vertikal sehingga pelampung didalamnya tidak menyentuh/ menempel pada kaca. Goncangkan dengan hati-hati bila penampung menyentuh/ menempel pada kaca hidrometer. c. Baca penunjukan berat jenis elektrolit pada hidrometer. Yakinlah bahwa dalam pembacaan mata kita harus lurus sejajar dengan penunjukan elektrolit d. Kembalikan elektrolit yang sudah diperiksa pada sel baterai semula, lakukan untuk semua sel baterai. Diskusikan bila ada perbedaan berat jenis pada setiap sel e. Jika pemeriksaan berat jenis selesaipasang kembalitutup sel dan bersihkanbaterai dari cairan elektrolit. Cucihidrometer dengan air bersih. f. Bandingkan hasil pengukuran dengan standar pengujian baterai diskusikan bila ada perbedaan g. Berapa jam yang dibutuhkan untuk pengisian lambat F. TUGAS 1. Catat Semua Hasil Diskusi 2. Apakah Fungsi Pengukuran Berat Jenis Cairan Elektrolit Pada Aki 3. Bagaimana Cara Merawat Aki 4. Apa Saja penyebab kerusakan baterai | |||||||
SMK TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF | |||||||
LISTRIK OTOMOTIF | TINGKAT 1 | PEMELIHARAAN BATERAI | JOB 8/SM I/06/07 4 x 45 MENIT | ||||
DATA PRAKTEK PERAWATAN BATERAI Nama siswa : Kelompok : 1. Keadaan visual Ketinggian cairan elektrolit : kurang/ tepat/ lebih Keadaan terminal : bagus/ terjadi korosi Normalisasi batrai : …………………….(artikan) 2. Tegangan baterai : ………………………………….v 3. Berat jenis cairan elektrolit Baterai sel 1 =……………..kg/l sel 2 = …………….kg/l sel 3 = …………….kg/l sel 4 = …………….kg/l sel 4 = …………….kg/ 4. Waktu yang dibutuhkan pengisian lambat Ah = kapasitas baterai x prosesntase pemakaian Misal = kapasitas baterai 40 Ah = Berat jenis 1,16 kg/l (lihat grafik hubungan BD elektrolit dengan kapasitas baterai). Didapat pengeluaran 50 %. 50%x 40 Ah = 20 Ah A = Arus pengisian maksimumunutk pengisian lambat harus kurang dari kapasitas baterai Misal = Kapasitas baterai 40 Ah = x 40 = 4 A atau kurang h = x (1,2 s/d 1,5) = 5 x 1,2 s/d 5 x 1,5 = 6 s/d 7,5 jam Catatan : ………………………………………………………………………......................................................... ………………………………………………………………………......................................................... ………………………………………………………………………......................................................... ………………………………………………………………………......................................................... ………………………………………………………………………......................................................... ………………………………………………………………………......................................................... | |||||||
MENGETAHUI
INSTRUKTUR
LEO PRIRANDOYO, ST.
No comments:
Post a Comment