Monday, November 28, 2011

7 Rahasia Disiplin Balita

7 Rahasia Disiplin Balita


Ditulis oleh Oleh Stephanie Watson Sabtu, 01 Oktober 2011


Para ahli disiplin berbagi tips yang dapat membantu membuat hidup lebih mudah bagi Anda dan balita Anda.


Berapa banyak orangtua yang akhirnya mengalah pada anak balitanya ketika si anak ingin memakai baju princess ke sekolah? Berapa banyak orang juga yang berjalan keluar dengan malu dari supermarket karena anak mereka “ngamuk” dan meraung-raung di lantai karena keinginannya tak dipenuhi?


Masa balita adalah saat yang sangat menjengkelkan bagi orangtua karena usia ini anak-anak mulai lebih mandiri dan menemukan diri mereka sebagai individu. Namun mereka masih memiliki kemampuan terbatas untuk berkomunikasi dan memahami alasan.


"Mereka memahami bahwa mereka dapat membuat hal-hal terjadi, "kata Claire Lerner, LCSW-C, spesialis perkembangan anak dan direktur sumber daya orangtua untuk organisasi Zero to Three. "Ini membawa mereka ingin membuat jejak di dunia dan menegaskan diri mereka berbeda ketika mereka masih bayi. Masalahnya mereka hanya memiliki sedikit kontrol diri dan tidak bepikir rasional. Ini adalah kombinasi yang sangat menantang. "


Jadi bagaimana Anda berurusan dengan anak yang menjerit setiap kali Anda mencoba memandikannya, dan tampaknya hanya satu kata kosa - "Tidak"


Berikut adalah beberapa strategi disiplin sederhana balita untuk membantu membuat hidup Anda dan anak Anda lebih mudah.

Rahasia Disiplin Balita No 1: Harus Konsisten
Perintah dan rutinitas memberikan petunjuk dan rasa aman serta nyaman bagi anak-anak dalam menghadapi dunia yang tak terduga, kata Lerner. Dengan adanya keteraturan dalam menjalani hari-harinya, anak akan lebih taat dan tenang karena mereka tahu apa yang akan mereka hadapi selanjutnya.

Permintaan dan rutinitas memberikan anak-anak balita tempat aman apa yang mereka pandang sebagai dunia luar biasa dan tak terduga, kata Lerner. "Ketika ada beberapa yang bisa diramalkan dan rutin, itu membuat anak merasa jauh lebih aman dan teguh, dan mereka cenderung berperilaku jauh lebih baik dan tenang karena mereka tahu apa yang diharapkan. "


Cobalah menjalankan rutinitas kegiatan yang sama setiap hari. Itu berarti jadwal tetap, makan, tidur, serta saat anak Anda bebas untuk berlari-lari dan bersenang-senang.


Bila Anda harus membuat perubahan, sebelumnya sudah mengingatkan anak Anda. Menjelaskan kepada anak Anda, "Bibi akan menemani kamu malam ini saat Mommy dan Daddy pergi keluar untuk menghadiri acara " akan mempersiapkan dirinya sedikit berbeda dari biasanya, dan akan mencegah ngambek waktu akan tidur.


Konsistensi sangat penting ketika menerapkan disiplin. Ketika Anda mengatakan "Tidak boleh memukul" saat pertama kali anak Anda memukul anak lain waktu bermain, Anda juga perlu mengatakan "tidak boleh memukul" yang kedua, ketiga, dan keempat kali ketika anak Anda mengulanginya.

Rahasia Disiplin Balita No 2: Hindari Situasi stres

Pada saat anak mencapai tahap balita, Anda harus mempelajari hal-hal yang menyebabkan anaknya ngambek. Yang paling umum adalah kelaparan, kantuk, dan hal-hal yang asing baginya. Dengan sedikit perencanaan, Anda dapat menghindari skenario potensi krisis dan menjaganya tetap tenang.


"Anda harus mengantisipasi, itu berarti Anda tidak pergi belanja ketika anak Anda perlu tidur siang, "kata Lisa Asta, MD, seorang dokter anak di Walnut Creek, California, dan profesor klinis asosiasi pediatri di University of California, San Francisco.


Cobalah untuk memastikan Anda di rumah, di saat waktu tidur dan waktu makan. Jika Anda berada di luar, selalu membawa makanan jika tiba-tiba anak lapar. Pastikan Anda berbelanja dengan cepat, atau bila anda memilih restoran, jangan pilih yang waktu tunggunya lama. Buat rencana ke depan, termasuk menyiapkan bahan-bahan sarapan dan bekal makan siang yang disukainya, sehingga Anda tidak perlu tergesa-gesa yang berujung stress. (terutama ketika anak Anda sudah masuk playgroup/sekolah dan anak anda juga harus bekerja di pagi hari.)


Anda dapat memudahkan transisi dengan melibatkan anak Anda dalam proses. Yang sederhana seperti pengaturan timer selama lima menit, dan mengatakan bahwa ketika berdering waktunya untuk mandi atau berpakaian, atau memberikan anak Anda pilihan apakah akan mengenakan baju merah atau baju biru untuk sekolah.

Rahasia Disiplin Balita No 3: Berpikir Seperti seorang balita

Balita berbeda dengan orang dewasa. Mereka memiliki kesulitan memahami banyak hal yang kita anggap remeh, seperti bagaimana mengikuti petunjuk dan berperilaku tepat. Melihat skenario dari perspektif balita dapat mencegah mengamuk (tantrum).


"Anda dapat berkata," Mami tahu, kamu tidak suka memakai carseat di mobil ... tapi ini adalah yang harus kita lakukan, '"Lerner menjelaskan." Jadi anda tidak memanjakan, tapi anda memahami perasaan mereka. Anda harus menetapkan batas, tapi Anda melakukannya dengan cara yang menghormati anak dan Anda menggunakannya sebagai kesempatan untuk membantu mereka belajar mengatasi frustrasi hidup dan peraturan. "



Memberikan pilihan juga menunjukkan bahwa Anda menghormati anak Anda dan memahami perasaan anak. Katakan pada anak bahwa ia boleh membawa buku favorit di mobil, atau memakan snack kesukaannya, hal-hal ini bisa membuat anak merasa seolah-olah dia memiliki beberapa kendali atas situasi saat Anda mengharuskan dia menaati anda, kata Lerner.

Rahasia Disiplin Balita No 4: Pengalihan

Saat anak Anda melempar bola ke dinding ruang makan 10 kali tanpa mengindahkan Anda yang memintanya berhenti, alihkan perhatiannya pada sebuah buku baru yang menarik atau permainan menyenangkan di luar rumah.


"Orang tua perlu menciptakan lingkungan yang paling kondusif untuk perilaku balita, "saran Rex Forehand, PhD, Heinz dan Rowena Ansbacher Profesor Psikologi di University of Vermont dan penulis

Parenting the Strong-Willed Child. "Jika mereka melakukan sesuatu yang tidak seharusnya mereka lakukan, idenya bukan menghukum, tetapi memberi kegiatan lain atau memanggil mereka dan menempatkan mereka di ruangan lain. "
Rahasia Disiplin Balita No 5: Tips menyetrap Anak di sudut ruangan

Menyetrap adalah salah satu dasar disiplin anak, tetapi ini mungkin bukan pendekatan yang terbaik untuk tahap balita. Implikasi negatif dari Time-outs bisa mengajarkan anak-anak bahwa mereka jahat, bukan mengajarkan perilaku baik. Jika Anda terpaksa menyetrap anak anda karena perilakunya yang diluar batas, batasi hanya satu atau dua menit di usia ini.


Lerner menyarankan menciptakan "sudut nyaman," sebuah tempat yang aman, bebas dari gangguan dan stimulasi, di mana anak Anda bisa duduk bersantai untuk beberapa menit saat ia sedang ngamuk sampai ia bisa kembali memegang kendali.


Perbaiki perilaku buruk, tetapi jangan lupa puji perilaku yang baik. "Jika Anda tidak memberi tahu anak Anda ketika mereka melakukan hal yang benar, kadang-kadang mereka akan melakukan hal yang salah hanya untuk mendapatkan perhatian, "kata Asta. Ketika Anda memberitahu anak Anda dia telah melakukan sesuatu yang baik, ia akan ingin melakukannya lagi.



Rahasia Disiplin Balita No 6: Tetap Tenang

Ketika Anda berdiri di tengah-tengah mal, tiba-tiba anak Anda berteriak di lantai, jika anda khawatir terhadap tatapan para pembeli di sekitar Anda, sangat mudah menaikkan tekanan darah Anda. Sulit tetap tenang, namun kehilangan kendali dengan cepat akan meningkatkan situasi yang sudah stres. Beri diri Anda waktu untuk tenang, saran Forehand. "Jika tidak, Anda melampiaskan kemarahan Anda sendiri. Akhirnya akan membuat Anda sebagai orangtua merasa buruk dan bersalah, dan itu mengajarkan anak Anda hal buruk. "


"Saya menyebutnya pendekatan " Stepford Wife "," kata Lerner. Seperti jeritan anak Anda, katakanlah, 'Saya tahu, saya tahu,' tapi tetap tenang saat Anda menggendongnya. Jangan menunjukkan emosi apapun. Kadang-kadang taktik terbaik adalah dengan mengabaikan sepenuhnya. "Anda hanya bertindak seolah-olah mereka tidak sedang ngamuk. Intinya, tidak memberi perhatian pada perilaku buruk anak yang ingin anda stop, "kata Lerner. Ketika anak Anda menyadari bahwa berteriak tidak akan mendapat permen lolipop atau perhatian Anda, akhirnya dia akan lelah berteriak-teriak.


Anak Anda mungkin menggerakkan Anda begitu dekat ke titik bahwa Anda tergoda untuk memukulnya, tetapi kebanyakan ahli memperingatkan prilaku tersebut. "Ketika kita memukul, anak-anak belajar bahwa hukuman fisik diterima. Jadi kita memberi contoh apa yang kita tidak ingin anak-anak kita lakukan, "kata Forehand. Pada tahap balita, taktik disiplin pengalihan dan istirahat pendek jauh lebih efektif, kata Forehand.

Rahasia Disiplin Balita No 7: Tahu Kapan Harus Berikan

Hal-hal tertentu dalam kehidupan seorang balita sebenarnya bisa dinegosiasikan. Dia harus makan, sikat gigi, dan mandi, ganti baju, atau harus sekolah bila sudah masanya. Bila dia sedang tidak mau menuruti anda, ia dapat memukul dan menggigit.


"Anda harus memutuskan apakah sesuatu hal bisa dinegoisasikan"kata Asta. Itu berarti membiarkan anak Anda mengenakan kostum superheronya ke toko, atau membaca buku cerita 10 kali berturut-turut. Setelah ia mendapatkan apa yang ia inginkan, Anda dapat secara bertahap mengalihkan perhatiannya ke arah lain - seperti memakai pakaian lain atau memilih sebuah buku yang berbeda untuk dibaca.


Semua orang tua kadang-kadang merasa stres oleh balitanya. "Sadarilah bahwa tidak satupun dari kita sebagai orangtua yang sempurna - kita melakukan yang terbaik yang kita bisa.


Akan ada hari lebih baik daripada hari lainnya, " kata Forehand. "Tetapi jika kita orang tua secara konsisten dan memiliki aturan yang konsisten, maka kita akan melihat hari-hari lebih baik bersama anak kita.” (Erabaru/art)


Era Baru News sebagai sumber BERITA


No comments:

Post a Comment