Sunday, November 27, 2011

Makanan Favorit Sang Presiden RI

 


Seorang presiden yang memiliki segudang aktivitas ternyata sama seperti masyarakat kebanyakan kalau menyangkut soal makanan.
Pasalnya, seorang presiden pastinya memiliki beberapa makanan favorit yang sering mereka 'buru' jika datang ke sebuah kota.
Nah, ingin tahu apa aja makanan favorit mereka? Yuk intip, siapa tau sama dengan makanan favorit Anda

Mendiang Presiden Soekarno
Makanan favorit presiden RI pertama ini memang terbilang unik yaitu bagar hiu dan pais ikan. Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, kedua makanan tersebut, bagar hiu dan pais ikan, memang merupakan makanan favorit Soekarno selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu sejak 1938 hingga 1942. k
Kedua makanan ini merupakan makanan khas masyarakat atau penduduk di Bumi Raflesia tersebut. Tak banyak restoran atau tempat makan yang menyajikan menu bagar hiu. Restoran di Jalan P Tendean KM 6,5 Bengkulu menjadi salah satu pilihannya.
Herliana Nur’an, juru masak di restoran tersebut, menjelaskan bagar hiu merupakan salah satu makanan khas Bengkulu. Dari tampilannya, olahan masakan ini layaknya rendang daging. Yang membedakan, bagar hiu ini menggunakan ikan hiu sebagai bahan baku pengganti daging selain kelapa yang disangrai terlebih dahulu, kemudian digiling.
Bumbu-bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas, aneka bumbu-bumbu dasar lainnya, melengkapi cita rasa makanan ini.
Selain bagar hiu, Presiden Soekarno gemar menyantap pais ikan saat menjalani masa pengasingan di Bengkulu. Pais adalah sejenis masakan pepes ikan seperti yang kita kenal di daerah Jawa Barat. Jika di daerah Jawa Barat, ikan yang kerap digunakan umumnya ikan mas, ikan yang digunakan untuk bahan baku masakan khas Bengkulu ini adalah ikan gebu dan ikan buli.

Mendiang Presiden Soeharto
Presiden kedua RI ini menyukai makanan yang sederhana yaitu sayur sambel goreng tempe dan cabuk (makanan khas Solo terbuat dari wijen hitam), seperti yang dikutip dari Okezone. Untuk pembuatan cabuk, juru masak Ndalem Kalitan harus membeli bahan baku di Wonogiri. Cukup sederhana bukan makanan favorit mendiang Presiden kedua RI ini?

Presiden Habibie
Nah makanan favorit Habibie sewaktu beliau masih menjabat wakil presiden dan presiden RI (1998-1999) adalah rumah makan padang Sari Bundo, Jln Juanda di seberang Kantor Sekretariat Negara RI seperti dikutip dari Kompasiana,
Di resto ini Pak Habibie sangat menyukai ayam goreng, jus terong belanda campur sirsak namun favoritnya di resto ini memang ayam goreng yang terkenal kelezatannya.

Mendiang Presiden Abdurrahman Wahid
Rupanya, kesederhanaan mantan Presiden Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur, tercermin juga dari makanan kesukaannya. Saat Gus Dur masih menjabat sebagai Ketua Umum PBNU, ia dan rombongannya hampir seminggu tiga kali makan hidangan khas Padang di Rumah Makan Sederhana.
Ia sering makan di sana karena lokasinya yang memang dekat dengan kantor PBNU Jl. Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, hanya sekitar 500 meter, yakni di Jl Raden Saleh No 29.
Menurut Rusnadi, salah seorang pelayan disana, makanan kesukaan Gus Dur yakni dendeng batoko, otak sapi gulai, dan limpa gulai. Sedangkan minuman kesukaannya adalah jus alpukat dan es teh tawar

Presiden Megawati
Seperti halnya kecintaan megawati akan Bali, begitupula dengan makanan favoritnya yaitu sebuah warung ikan bakar di kawasan Batubulan Gianyar Bali. Warung ini adalah warung ikan bakar Pak Made, Jalan Pudak desa Batubulan, Gianyar Bali.
Dalam setiap kunjungannya ke Bali menurut beritabali.com,Megawati Sukarnoputri selalu menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner atau makanan khas Bali. Salah satunya adalah udang bakar sambal terasi khas Bali, yang ada di warung Pak Made ini.
Warung milik Made Kyana ini setiap harinya buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul sembilan malam. Megawati Sukarnoputri merupakan salah satu pelanggan setia warung ini. Menurut I Made Kyana, makanan favorit Megawati adalah udang bakar sambal terasi.
Jika tidak sempat datang ke warung ini, Megawati biasanya memesan makanan kesukaannya untuk dibawa ke villanya di Pantai Cucukan Gianyar atau ke Istana Tampaksiring sewaktu ia masih menjabat sebagai Presiden.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Bagi kamu yang hobi mengonsumsi pecel lele, pecel Madiun, atau telur dadar bawang jangan berkecil hati. Sebab, masakan kategori itu ternyata menjadi menu favorit SBY di Istana. Hal ini terungkap dalam sebuah buku bertajuk “Pak Beye dan Istananya” karya Wisnu Nugroho.
Seperti dikutip dari web Indonesia, Indonesia. Selain itu SBY juga menyukai soto ayam olahan juru masak istana bernama Ibu Budi.
Makan siang SBY disiapkan untuk porsi dua orang dan diletakkan dalam bentuk bulat terklasifikasi. Ada nasi putih, kuah soto ayam dengan soun, telur rebus terbelah-belah, telur dadar, perkedel kentang, dan ayam goring bumbu. Kerupuk kampung, kerupuk udang, rengginang berikut sambal hijau dan merah juga terhidang.





No comments:

Post a Comment