Sunday, November 27, 2011

Bandara Yang Dibangun Diatas 180 Tiang Beton

Madeira International Airport, terletak di dekat Funchal, Madeira di Portugal pertama kali dibuka pada Juli 1964 dengan dua landasan pacu sepanjang 1.600 meter . Landasan pacu yang pendek membuat jalur dan pengendalian pesawat menjadi rumit bahkan untuk pilot yang paling berpengalaman. Pegunungan tinggi di sekitar bandara dan laut di dekatnya menambah masalah. Pertama pilot harus mengarahkan pesawat mereka ke pegunungan, dan kemudian mengerem keras untuk mendarat di landasan. Selain untuk pergeseran arah, angin dengan suhu lebih tinggi datang dari laut memenuhi udara pegunungan yang dingin kering, yang sering menghasilkan yang cukup turbulensi besar.
Pada tanggal 19 November 1977, Boeing 727 terbang dari Brussels berusaha keras untuk berhenti setelah mendarat 2000 kaki melewati ambang batas pada cuaca hujan deras, angin kencang dan jarak pandang terbatas , lalu pesawat ini meluncur turun dari akhir dan jatuh 200 meter ke bawah tanah membunuh 131 orang penumpang pesawat. seperti dikutip dari Amusing Planet .com Kecelakaan itu memaksa pejabat setempat untuk mengeksplorasi dan mencari cara bagaimana memperpanjang landasan pacu yang pendek.

8 tahun setelah kejadian tersebut landasan tambahan sepanjang 200 meter dibangun di atas lautan dan diperpanjang lagi pada tahun 2000. Tapi bukannya menggunakan TPA, ekstensi dibangun diatas serangkaian 180 tiang beton , masing-masing sekitar 70 meter. Total panjang landasan pacu hampir dua kali lipat, yang berarti bahwa setengah dari landasan ditunjang oleh pilar.








Untuk proyek perluasan landasan pacu Bandara Funchal unik telah memenangkan Posisi Struktur Award pada tahun 2004 diberikan oleh Asosiasi Internasional untuk Jembatan dan Rekayasa Struktural (IABSE).

No comments:

Post a Comment