Saturday, September 3, 2011

Jangan Mengemudi Saat Mengantuk

Lihatlah betapa bahayanya saat mata anda berkedip beberapa detik saja

Lihatlah betapa bahayanya saat mata anda berkedip beberapa detik saja


Terutama mewaspadai pentingnya pengertian bahaya mengemudi dalam keadaan mengantuk karena bisa berakibat sangat fatal, mari kita simak beberapa penjelasan dibawah ini
Sebuah penelitian yang dilakukan lembaga amal Brake and Cambridge Weight Plan menunjukan bahwa satu dari delapan pengemudi tertidur saat mengemudi. Sang supir ini tertidur antara dua sampai 30 detik saat mereka sudah merasa sangat mengantuk.
“Kelelahan di belakang kemudi sangat membunuh. Saat kita mengemudi kendaraan adalah tanggung jawab besar yang harus diambil serius. Itu berarti kita harus berhenti saat merasa mengantuk dan tidak boleh memulai perjalanan saat lelah. Ini adalah masalah hidup dan mati,” kata Julie Townsend, direktur kampanye Brake tersebut.
Lengah di saat berkendaraan selama 1 detik dalam kecepatan 40 km / jam itu sama dengan Anda telah menempuk jarak 11 meter tanpa kesadaran. Bayangkan bila pada saat Anda berkendara jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan di depan adalah 10 meter, maka kelengahan dalam 1 detik bisa berakibat Anda menabrak kendaraan di depan Anda. Penyebab kelengahan tersebut antara lain mengantuk, melamun, bertelepon genggam, mendengar musik atau makan nasi bungkus sambil berkendara .
Penjelasannya : 40 km / jam setara dengan 40.000 m / 3600 detik setara dengan 11,11 meter / detik. Jadi setelah satu detik Anda sudah berada pada posisi 11,11 meter dari titik semula.
Tanda-Tanda Mengantuk Saat Mengemudi, Anda Wajib Waspada dan Istirahat
1. Susah fokus, mata sering berkedip atau terasa berat
2. Sulit mempertahankan kepala tetap tegak
3. Terus-terusan menguap
4. Tidak bisa mengingat jalur yang sudah dilalui
5. Lupa harus belok atau tidak memperhatikan rambu
6. Melenceng dari jalur, terlalu mepet dengan kendaraan di depan, atau melewati bahu jalan
Bila Anda rasakan tanda-tanda diatas lebih baik istirahat dulu sejenak
Ada Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Mengemudi :
Sudah menjadi `penyakit` para pengemudi saat mengemudikan mobil di perjalanan adalah mengantuk. Perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk terus mengemudikan mobil bila mengantuk. Sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini :

* Jika kantuk sudah mulai menyerang, lebih baik cari tempat yang aman untuk tidur sejenak dan beristirahat di dalam mobil. Atau bergantian mengemudi dengan penumpang yang lain.(Rekomen)
* Jangan mencuci muka untuk membuat mata melek atau menggunakan bulu ayam untuk menggelitik hidung agar bersin. Tahukah Anda hal itu hanya akan menghilangkan ngantuk sesaat, namun setelah itu serangan kantuk bisa datang lebih hebat lagi.
* Perhatikan kebutuhan pengemudi, setel musik yang menyegarkan pikiran dan sediakan cemilan buah-buahan segar agar pengemudi tidak cepat mengantuk.
* Bagi pengemudi sempatkan untuk melakukan peregangan atau pijatlah bagian punggung atau leher untuk menghilangkan rasa pegal.
Lihatlah betapa bahayanya saat mata anda berkedip beberapa detik saja

Lihatlah betapa bahayanya saat mata anda berkedip beberapa detik saja
Ingat, memaksakan diri Anda terus berkendara resikonya teramat sangat besar, bila Anda membawa keluarga, maka apakah Anda tega bila ada anggota keluarga Anda bisa menjadi korban dalam kecelakaan? Apakah Anda tega dan siap kehilangan mereka? melihat mereka cacat dalam menghabiskan sisa hidupnya karena kecerobohan Anda?
Penyesalan Anda tidak dapat mengembalikan segala yang sudah terjadi, oleh karenanya berpikirlah jauh dalam bertindak, sayangi keluarga Anda, mereka mengharapkan bila Anda bawa mereka dimana Anda sebagai pengemudinya mereka berharap akan sampai ditujuan dengan selamat, apabila Anda sendirian, maka keluarga tercinta menanti kedatangan Anda dengan penuh harap kasih dan cinta, jangan biarkan mereka sedih. Kalau Anda kalut bahkan siap untuk berpikir mengakhiri hidup berpikirlah apakah keluarga tercinta Anda sudah siap kehilangan Anda? Tuhan senantiasa mencintai hambanya yang mau berusaha dan mengasihi diri sendiri juag keluarga mereka tercinta, Selamat mengemudi di jalan dengan hati-hati, jangan pertaruhakan nyawa dengan ketidaksabaran.

Contoh Insiden In Video


No comments:

Post a Comment